Tag Label

Kepolisian (3681) daerah (910) Pemerintahan (538) Jurnalistik (308) Demontrasi (79) Lintas Opini (66) Desa (61) DPRD (58) RSUD (36) Kebakaran (33) KPU (21) Mahasiswa (11) Iklan (6) PDAM (5) DPRD kota pasuruan (4) Desperindag (4) DPR RI (2)

Kecamatan Pandaan Bertambah Lagi 1 Orang Positif Covid-19

Share it:
PASURUAN.Suarakpkcyber.com_ Terkait Penyebaran Covid-19 masih terjadi di tengah-tengah masyarakat. Hal itu terlihat dari adanya penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Pasuruan. Sabtu (2/5/2020)).

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, pasien tersebut adalah laki-laki warga Kecamatan Pandaan (56) th terkonfirmasi Covid-19, berdasarkan dari hasil swab yang keluar. Jumat (1/5/2020) sore.

"Hasil swab nya keluar dan pasien yang merupakan warga Pandaan terkonfirmasi Covid-19, sebelum dinyatakan PDP, para petugas surveillance melakukan tracing dan menemukan 3 orang dari 7 orang warga Kabupaten Pasuruan yang mengikuti Tabligh Akbar di Brunei Darussalam dan Malaysia. Dari tujuh orang, 3 orang sudah di RSUD Bangil dan 4 lainnya masih ditelusuri." Kata Anang Saiful Wijaya.

"Kita rawat sampai 14 hari ke depan. Mudah-mudahan ketika di swab kedua, hasilnya negative dan sembuh, sehingga bisa berkumpul lagi dengan keluarganya, kita akan lakukan penyemprotan rumah pasien terkonfirmasi Covid-19. Begitu pula tetangganya, Keluarga akan kita rapid test dan kontak eratnya."

PDP warga Pandaan ini memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Yakni mengikuti kegiatan Tabligh Akbar di Brunei Darussalam dan Malaysia selama 14 hari. Setelah selesai, PDP ini kembali ke Indonesia tanggal 22 April 2020.

Anang menegaskan, bahwa PDP warga Pandaan ini memiliki penyakit penyerta berupa pneumonia atau sesak nafas. Dan untuk saat ini terus dirawat dan diisolasi di RSUD Bangil hingga sembuh.

Setelah terkonfirmasi Covid-19, Dinas Kesehatan dan petugas Survaillance dari Puskesmas dibantu Tim Gugus Tugas tingkat kecamatan akan melakukan penyemprotan prebiotic ke rumah pasien dan lingkungan terdekat. Tak hanya itu, Anang menyampaikan bahwa pihaknya juga akan membagikan masker di sekitar tempat tinggal pasien, serta melakukan rapid tes terhadap keluarga, saudara maupun tetangga yang merupakan kontak erat pasien terkonfirmasi Covid-19.

Sementara itu, dengan berubahnya 1 PDP menjadi terkonfirmasi Covid-19, maka jumlah pasien positif corona di Kabupaten Pasuruan mencapai 16 orang. Terdiri dari 1 warga Bangil, 2 warga Beji, 2 warga Gempol, 1 warga Gondangwetan, 1 warga Kraton, 1 warga Lumbang, 1 warga Pandaan, 2 warga Prigen, 1 warga Purwodadi, 2 warga Puspo, dan 2 warga Rembang. Dari seluruh pasien terkonfirmasi Covid-19 tersebut.

Sedangkan 4 warga diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan pulang diantaranya, 1 warga Gondangwetan, 1 warga Lumbang, 1 warga Purwodadi dan 1 warga Rembang Sedangkan lainnya masih dirawat di RSUD Bangil juga 1 orang di RS Sidoarjo.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan mencatat ada 5 PDP baru yang dirawat di RSUD Bangil diantaranya, 2 warga Gempol, 1 warga Pandaan, 1 warga Rembang dan 1 warga Tutur.

Dua warga Gempol semuanya laki-laki berusia 39 dan 71 tahun merupakan saudara dan anak kandung dari pasien terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan warga Pandaan Perempuan (44) th. Kemudian 1 laki-laki (32) th warga Rembang yang merupakan saudara dari pasien terkonfirmasi Covid-19. 1 laki-laki (60) th warga Tutur. Dengan tambahan 5 PDP baru, maka jumlah PDP Covid-19 di Kabupaten Pasuruan mencapai 78 orang.

ODP (orang dalam pemantauan) Covid-19 di Kabupaten Pasuruan ada 18 orang yang masuk ODP. Mereka terdiri dari 17 warga Gempol dan 1 warga Bangil. Kedelapan belas ODP baru tersebut berasal dari tracing seluruh petugas surveillance terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi Covid-19.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Pasuruan mencapai 78 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) 219 orang. Sedangkan yang positif mencapai 16 orang. (LW)
Share it:

daerah

Post A Comment: