Tag Label

Kepolisian (3678) daerah (903) Pemerintahan (537) Jurnalistik (306) Demontrasi (79) Lintas Opini (66) Desa (61) DPRD (57) RSUD (36) Kebakaran (33) KPU (20) Mahasiswa (11) Iklan (5) PDAM (5) Desperindag (4) DPRD kota pasuruan (3) DPR RI (2)

Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Siap Siaga dan Bersinergi dalam menghadapi Kebakaran

Share it:


Pasuruan, suarakpkcyber.com - Kegiatan Sosialisasi Pelatihan dan Pengukuhan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Kabupaten Pasuruan bertempat di Hotel View Tretes pada Kamis (18/09/2024). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasad Pol-PP yang dengan ini diwakilkan oleh Sekretaris Nurul Hudayati S.E, M.M didampingi oleh Kabid Linmas Dwi Setiawan dan staf yang bertugas. 

Dihadiri oleh kurang lebih 170 relawan dari 24 kecamatan di Kabupaten Pasuruan dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran yang saat ini marak terjadi akhir-akhir ini. 

Menurut Dwi Septiawan, S.E, M.M, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasuruan menegaskan pentingnya kegiatan ini dilakukan sebagai langkah strategis membangun sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mitigasi kebakaran. 

Setelah dilaksanakan pengukuhan, peserta Redkar (Relawan Pemadam Kebakaran) menjalani Pelatihan. Santoso Wardoyo, S.STP, Kepala Bidang Pencegahan Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu sebagai pemateri utama pada pelatihan kali ini. 

Santoso menekankan pentingnya pola pikir yang benar dalam situasi darurat. Dalam kondisi ini perlu adanya konsep "Stop - Think - Act" Sebagai langkah utama dalam merespon kebakaran. 

Redkar merupakan organisasi sosial berbasis masyarakat yang secara sukarela berpartisipasi mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran, dibentuk secara nasional dari, oleh dan untuk warga masyarakat di lingkungan Desa/kelurahan.

Sementara itu Nurul Hudayati, S.E, M.M, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa pelatihan ini sangat krusial untuk meningkatkan kesiapan relawan. Relawan harus siap, tanggal dan bersinergi dengan petugas pemadam kebakaran. 

Dengan demikian diharapkan Redkar mampu membantu mewujudkan standar pelayanan minimal dalam bidang kebakaran dan sebagai momentum penting dalam memperkuat kerjasama antara relawan dan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang tangguh dalam menghadapi bencana kebakaran. (Wul/red)

Share it:

daerah

Post A Comment:

0 comments: