Tag Label

Kepolisian (3678) daerah (903) Pemerintahan (537) Jurnalistik (306) Demontrasi (79) Lintas Opini (66) Desa (61) DPRD (57) RSUD (36) Kebakaran (33) KPU (20) Mahasiswa (11) Iklan (5) PDAM (5) Desperindag (4) DPRD kota pasuruan (3) DPR RI (2)

PJ Bupati Pasuruan Andrianto menerima Penghargaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum

Share it:

 

PJ Bupati Pasuruan Andrianto saat menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa/kelurahan sadar hukum 


Pasuruan, suarakpkcyber.com
- Kementrian Hukum dan HAM RI memberikan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan tahun 2024 kepada PJ Bupati Pasuruan Andriyanto (30/7).

Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementrian Hukum dan HAM RI, Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H , M.Hum kepada PJ Bupati Pasuruan Andriyanto pada acara Peresmian dan pemberian penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 di Singhasari Resort Kota Batu.

Ucap Syukur Andriyanto saat setelah menerima penganugerahan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan sadar hukum sebab desa/kelurahan sadar hukum di Kabupaten Pasuruan bertambah. Saat ini sudah mencapai 44 desa dan 1 kelurahan sadar hukum di Kabupaten Pasuruan. Andriyanto berharap jumlah desa/kelurahan sadar hukum di Kabupaten Pasuruan terus bertambah. Apalagi banyak dampak positifnya.

"Dengan meningkatnya Desa/Kelurahan Sadar Hukum maka memiliki banyak dampak diantaranya kriminalitas semakin berkurang bahkan bisa terus ditekan sampai nol kejadian. Penyelesaian hukum yang menyangkut warga dapat segera terselesaikan. Ini salah satu contoh indikator Desa/Kelurahan sadar hukum yang sudah kami SK-kan" ujarnya

Proses untuk menuju Desa/kelurahan sadar hukum tidaklah mudah. Kabag Hukum Setda Kabupaten Pasuruan, Alfan Nurul Huda menjelaskan dalam prosesnya DKSH harus diawali dari kelompok keluarga yang sadar hukum (Kadarkum). Yaitu wadah untuk menghimpun warga untuk berupaya meningkatkan kesadaran hukum. Setelah terbentuknya Kadarkum akan ada pembinaan dari tingkat daerah hingga pusat dan ditetapkan sebagai Desa/kelurahan binaan.

Semoga di tahun 2025 mendatang, pihaknya mentargetkan 10 desa/kelurahan tambahan sadar hukum dapat terbentuk. Ujarnya (wul)

Share it:

Post A Comment:

0 comments: